Dolly Rebecca Parton (Pinterest)
Dolly Rebecca Parton (Pinterest)
KOMENTAR

DOLLY Rebecca Parton lahir pada tanggal  19 Januari 1946 adalah seorang penyanyi-penulis lagu, aktris, dan filantropis Amerika, yang dikenal terutama untuk kariernya selama puluhan tahun dalam musik country .

Setelah mencapai kesuksesan sebagai penulis lagu untuk orang lain, Parton membuat debut albumnya pada tahun 1967 dengan Hello, I’m Dolly , yang menyebabkan kesuksesan selama sisa tahun 1960-an (baik sebagai artis solo dan dengan serangkaian album duet dengan Porter Wagoner ), sebelum penjualan dan puncak tangga lagunya tiba selama tahun 1970-an dan berlanjut hingga 1980-an.

Beberapa album Parton pada tahun 1990-an tidak laku, tetapi ia mencapai kesuksesan komersial lagi di milenium baru dan telah merilis album di berbagai label independen sejak tahun 2000, termasuk labelnya sendiri, Dolly Records.

Dengan karier yang membentang selama enam puluh tahun, Parton telah digambarkan sebagai “legenda country” dan telah menjual lebih dari 100 juta rekaman di seluruh dunia, menjadikannya salah satu artis musik terlaris sepanjang masa . 

Musik Parton mencakup penghargaan emas, platinum, dan multi-platinum bersertifikat Recording Industry Association of America (RIAA). Dia telah memiliki 25 singel yang mencapai No. 1 di tangga lagu musik country Billboard , sebuah rekor untuk artis wanita (bersama dengan Reba McEntire ).

Dia memiliki 44  album country Top 10 sepanjang karier, sebuah rekor untuk artis mana pun, dan dia memiliki 110 singel yang masuk tangga lagu selama 40 tahun terakhir. Dia telah menggubah lebih dari 3.000 lagu, termasuk I Will Always Love You (dua kali menduduki puncak tangga lagu country AS, dan hit internasional untuk Whitney Houston), Jolene, Coat of Many Colors, dan 9  to  5.

Sebagai seorang aktris, ia telah membintangi film 9  to  5 pada tahun 1980 dan The Best Little Whorehouse in Texas pada tahun 1982 (untuk masing-masing film tersebut ia mendapat nominasi Aktris Terbaik Golden Globe ) serta Rhinestone pada tahun 1984, Steel Magnolias pada tahun 1989, Straight Talk pada tahun 1992, dan Joyful Noise pada tahun 2012.

Parton telah menerima 11 Grammy Awards (dan 50 nominasi), termasuk Lifetime Achievement Award. Dia juga telah memenangkan 10 Country Music Association Awards, termasuk Entertainer of the Year.

Dolly Parton adalah salah satu dari tujuh artis perempuan yang memenangkan Country Music Association’s Entertainer of the Year Award.

Dolly Parton memiliki lima Academy of Country Music Awards (termasuk Entertainer of the Year), empat People’s Choice Awards, dan tiga American Music Awards .

Dia juga termasuk dalam kelompok terpilih yang menerima setidaknya satu nominasi dari Academy Awards, Grammy Awards, Tony Awards, dan Emmy Awards .

Pada tahun 1999, Parton didapuk masuk Country Music Hall of Fame. Pada tahun 2005, dia menerima National Medal of Arts, dan pada tahun 2022, dia dinominasikan dan terpilih untuk Rock and Roll Hall of Fame, sebuah nominasi yang awalnya dia tolak tetapi akhirnya diterima.

Di luar pekerjaannya di industri musik, ia juga merupakan salah satu pemilik The Dollywood Company, yang mengelola sejumlah tempat hiburan termasuk taman hiburan Dollywood, taman air Splash Country, dan sejumlah tempat teater makan malam seperti The Dolly Parton Stampede dan Pirates Voyage.

Pada Agustus 2024, Dolly Parton mengumumkan peluncuran merek kosmetiknya yang telah lama ditunggu-tunggu Dolly Beauty. Sebagai kelanjutan dari wewangiannya yang sukses melalui kerja sama dengan Scent Beauty, produk Dolly Beauty tersedia secara eksklusif secara online. Toko offline-nya siap akan hadir pada tahun 2025.

Dolly Parton juga memiliki sejumlah organisasi amal dan filantropi. Yang paling utama adalah Dollywood Foundation, yang mengelola sejumlah proyek untuk menyediakan pendidikan dan pengentasan kemiskinan di Tennessee Timur, tempat sang diva dibesarkan.




Hannah Lucy Cockroft, Atlet Asal Inggris Peraih 7 Kali Juara Paralimpiade

Sebelumnya

Pasangan Ibu-Anak Ganda Putri Tenis Meja Christine Ferliana & Cindy Marcella Putri: "Mama Cerewet Karena Ingin Kami Memberikan Penampilan Terbaik di PON XXI"

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women